Langsung ke konten utama

pemilihan sirip ikan cupang untuk kontes

untuk menerima ikan cupang berkualitas, peternak dapat memperolehnya dengan jalan mengawinkan induk unggulan atau jawara. selanjutnya, peternak perlu menyeleksi dan merawat ikan yang sesuai dengan kriteria kontes.
cara lain yaitu membeli cupang berkualitas dari peternak lain atau di toko penjual cupang hias. dikala membeli, sebaiknya jangan pribadi percaya dengan ucapan para pedagang. bisa jadi cupang yang katanya memiliki kualitas kontes hanya dapat mejadi peserta tanpa bisa menjadi juara. hal tersebut dikarenakan karena adanya cacat pada cupang, baik cacat fisik maupun cacat warna. oleh karena itu, peternak perlu meminta bantuan orang lain yang lebih ahli jikalau merimpian belum bisa memilih cupang yang berkualitas kontes. hal tersebut untuk menghindari rimpian kecewa hasil kualitas cupang yang dibelinya tidak setinggi harganya.
tipe sirip
salah satu daya tarik cupang hias terlihat dari kemengagumkanan sirip-siripnya. untuk itu, sirip adalah salah satu kriteria dalam memilih cupang berkualitas kontes. Keindahan dan keagungan  sirip cupang hias ini masih dibedakan atas beberapa tipe sirip berikut.
1. sirip terpecah (serit)
tipe sirip ini juga dikenal dengan istilah serit kasar karena ukuran tulang siripnya panjang. cupang hias dengan tipe sirip mirip ini tampak garang. Kaindahan tampak dari keuyang kuasa serit-seritnya. ada dua jenis serit pada cupang, yaitu serit tunggal dan serit ganda (double ray).
a) serit tunggal
pada tipe ini, tulang siripnya tunggal. jumlah jarum pada sirip punggung 10—12 buah, sirip ekor 18—21 buah, sirip bawah atau sirip perut 20—24 buah, dan sirip anal 5—7 buah. panjang maksimal jarum tersebut mencapai 2—3 cm sesampai panjang keseluruhan sirip punggung 3,5—4,5 cm, sirip ekor 4,5—6 cm, sirip perut 4,5—5,5 cm, dan sirip anal 4—5,5 cm.
b) serit ganda
sepintas, tipe cupang hias ini hampir mirip dengan serit jarum tunggal. hanya saja bentuk jarum pada sirip ekornya ganda. jarum ganda ini sangat jarang terdapat pada sirip lainnya. cupang ini akan dianggap istimewa kalau jarum-jarum ganda terdapat pada seluruh siripnya. bahkan dapat dikatakan langka kalau jarum-jarum ganda tersebut tersusun menyilang. pada tipe ini, jumlah tulang siripnya hampir sama dengan tipe serit tunggal. namun, biimpiannya jumlah serit pada sirip ekornya ada 1,5—2 kali lebih banyak.
2. sirip cagak
tipe sirip ini pun dikenal dengan nama fin split. ikan tipe cagak ini memiliki sirip ekor yang terbelah menjadi dua bagian yang sama besar. oleh karena terbelah dua, ekornya tampak berukuran sangat besar. hasilnya, penampilan ikan ini terlihat sangat macho.
3. sirip cendrawasih
cupang hias dengan tipe sirip cendrawasih memiliki sirip sangat lebar. penampilannya sangat anggun dikala sirip-siripnya dikembangkan, seakan sedang menebarkan kain sutera. bagian ujung sirip cupang hias tipe cendrawasih ini biimpiannya tidak memiliki serit sesampai tipe ini pun seringkali disebut tipe slayer.
4. sirip butterfly
tipe sirip ini juga dikenal dengan nama serit halus karena bagian ujung tulang siripnya pendek. cupang hias yang bertipe sirip butterfly tampak anggun. kemengagumkanannya terlihat dari bentuk keseluruhan sirip-siripnya yang seakan membentuk bundaran.
5. sirip balon

tipe sirip ini pun bisa memiliki serit tunggal ataupun ganda. namun, yang sangat menarik dari tipe ini yaitu selaput siripnya tebal dan menggelembung mirip balon. jikalau ikan sedang berbagi siripnya, selaput sirip di antara seritnya bergerak-gerak mirip setumpuk agar-agar. tipe sirip ini adalah strain terbaru dibandingkan dengan tipe sirip lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

penebaran benih gurame yang bagus

Cara Penebaran benih/bibit dan Perawatan Ikan Gurame  penebaran benih gurame sebelum benih ditebar perlu disesuaikankan/di aklimatisasi, dengan tujuan agar benih ikan gurame tidak dalam kondisi stres dikala berada dalam kolam. cara adaptasi : benih gurame yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan hingga dinding plastik mengembun. ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih hingga benih terlihat dalam kondisi baik. selanjutnya benih gurame ditebar/ dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan dan biarkan ikan keluar dengan sendirinya. proses selanjutnya merupakan memberi makan. ikan gurame merupakan jenis ikan pemakan tumbuhan (herbivora).akan tetapi ketika pada ukuran benih ikan gurame bersipat carnivora, oleh karena itu jenis pakan yang diberikan pada waktu gurame ukuran benih yaitu berupa kutu air,

tahap ikan patin

mengenai metoda budidaya ikan patin ini meliputi sebagiankah aktivitas, metode garis besar dibagi menjadi 2 aktivitas yaitu pembenihan serta pembesaran. kedua jenis aktivitas ini lazimnya belum teridapl di usahakan oleh penduduk, sebab lazimnya masih mengagumkan aktivitas penangkapan di alam (sungai, situ, waduk, serta lain-lain) buat memenuhi kebu dewa akan ikan patin. aktivitas pembenihan tidak lain ialah upaya sebagai yang akan terjadikan benih terhadapnya ukuran terjelas saja. produk akhirnya berbentuk benih berukuran terjelas saja, yang lazimnya tidak lain ialah benih sehabis mimpian pendederan. benih ikan patin bisa didapati dari yang akan terjadi tangkaplah di perairan umum. Di impiannya menjelang isu terkini kemarau pd pagi hari dengan mengfungsikan alat tangkap jala atau jaring. benih dpt juga dibeli dari balai pemeliharaan air tawar di jawa barat. benih dikumpulkan dlm suatu wadanyah, serta dirawat dengan waspada sepanjang 2 minggu. jika air dlm penampungan telah kotor, sese

penjualan lele

seni manajemen pemcita-citaran ikan lele proses penjualan lele amat beliah seiring dengan status kemajuan teknologi internet. misalnya sobat dapat mendagangkan lele yang akan terjadi ternak di sesuatu blog, website, situs, marketplace, media social serta lain sebagainya. mendagangkan ikan lele di internet terutama blog cukup ampuh. mirip yang dilakukan oleh penulis yang bikin blog gratisan dengan tema usaha perikanan. banyak sekali orang yang menelepon penulis dimana mereka berniat membeli benih ikan lele. apabila lokasi rumah terletaknya di kawkeinginann seni manajemens. misalnya di pinggir jalan raya yang ramai oleh lantas lintas kendaraan tersebutkan kamu dapat juga membuka usaha ternak ikan lele di perihalsafe rumah bersetara dengan reklame usaha mendagangkan lele segar. dengan demikian orang yang melalui rumah akan mengenal jenis usaha yang sobat jalani. berjalan masa, usaha penjualan lele akan laris manis merupakankan ikan lele amat digemari orang buat dikonsumsi semetode